Wawancara kerja merupakan tahapan yang paling penting dalam mencari
pekerjaan. Satu kesalahan fatal saja bisa membuat Anda batal mendapatkan
pekerjaan impian. Ini beberapa kesalahan yang harus dihindari.
1. Panik dan memberikan jawaban terbata-bata
Inilah
alasan Anda harus melakukan persiapan yang matang sebelum wawancara
kerja. Jika perlu lakukan simulasi dengan pertanyaan-pertanyaan yang
mungkin akan keluar dalam wawancara, sehingga Anda tak grogi. Satu hal
lagi kiat untuk menghindari kepanikan dan jawaban terbata-bata adalah
kejujuran. Jika yang Anda ungkapkan adalah sebuah kejujuran, pasti akan
mudah mengutarakannya. Jangan sampai Anda dianggap tidak menguasai topik
karena kegugupan Anda.
2. Hindari topik sensitif
Sering
kali pihak pewawancara melakukan obrolan santai untuk membuat suasana
tak terlalu kaku. Untuk hal ini, lebih baik hindari topik-topik yang
sensitif seperti politik, dan SARA. Bisa jadi pihak yang Anda sudutkan
dalam topik obrolan tersebut memiliki hubungan dekat dengan si
pewawancara — sehingga berpengaruh terhadap penilaiannya. Lebih baik
pilih topik yang ringan juga netral.
3. Hindari bergosip
Hobi
bergosip bisa menjadi alasan Anda ditolak dari pekerjaan impian. Jadi
jangan pernah mengajak orang yang mewawancara Anda untuk bergosip.
4. Sok tahu
Jika
di saat wawancara saja Anda sudah dinilai sok tahu dan tidak mau
mendengarkan orang lain, jangan berharap Anda bisa diterima kerja.
Perusahaan umumnya menginginkan orang-orang yang bisa bekerja dalam
sebuah tim. Bukan orang sok pintar yang individualis. Jadi jangan pernah
bersikap sok tahu.
Semoga sukses!
sumber
Friday, December 23, 2011
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment