Menarik memang melihat perkembangan pasar otomotif nasional di tahun 2007. Karena tahun lalu gairah pasar otomotif nasional mengindikasikan perkembangan yang cukup pesat. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) total penjualan 2007 mencapai angka 434 ribu unit meningkat 37 % dibanding pasar otomotif tahun lalu yang hanya mencapai 319 ribu unit.
Berita perkembangan positif dari dunia otomotif nasional diungkapkan oleh Bambang Trisulo, Ketua Umum Gaikindo kepada BeritaATPM.com beberapa waktu lalu. "Pertumbuhan pasar otomotif nasional dapat dilihat sejak tahun 2005 yang mencatat rekor penjualan tertinggi sebanyak 534 ribu unit. Namun beranjak di tahun berikutnya, pasar otomotif nasional kembali melemah yang hanya mencatat 318 ribu unit kendaraan saja. Berkat stabilitas perekonomian serta sekuritas yang stabil, maka pasar penjualan otomotif kembali menguat pada tahun 2007," ujarnya.
Melihat kecenderungan yang sepertinya makin membaik, Bambang berani memprediksikan penjualan pasar otomotif nasional mampu mencapai angka 520 ribu unit. "Kami memang tidak menargetkan sebanyak tahun 2005. Hal ini dikarenakan melihat adanya resesi dunia yang tengah dialami oleh Amerika Serikat sekaligus meningkatnya harga minyak dunia serta isu pembatasan BBM yang sedang marak belakangan ini."
Ungkapan tersebut pun disetujui oleh Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT. Honda Prospect Motor (HPM), "Kami optimis pasar otomotif nasional 2008 akan lebih baik ketimbang tahun 2007. Terbukti pada bulan Januari 2008 saja, total penjualan menurut data Gaikindo sudah mencapai 41 ribu unit. Namun, tingginya harga minyak dunia serta isu pembatasan BBM, sudah pasti akan mempengaruhi keseluruhan pasar otomotif nasional."
Disamping itu semua, melihat tren pasar otomotif tahun 2007 lalu, secara keseluruhan masih didominasi oleh produk yang bermain di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV). Hal ini terlihat dari angka penjualan tiga besar yang ditempati oleh produk Toyota Avanza yang berhasil menyumbang angka penjualan sebanyak 62.010 unit. Posisi kedua ditempati oleh Toyota Innova yang berhasil mencatat angka penjualan sebesar 40.169 unit. Sedangkan posisi ketiga ditempati oleh Daihatsu Xenia dengan total penjualan sebanyak 28.914 unit.
Dilihat dari penjualan tiga besar tersebut, boleh dibilang produk-produk yang banyak diserap oleh masyarakat merupakan produk yang berada pada kisaran harga Rp. 100 juta sampai Rp. 250 juta. Dan kendaraan yang paling diminati kebanyakan konsumen di Indonesia adalah family car atau kelas MPV. Berikut urutan posisinya:
Urutan Mobil Total Penjualan
1. Toyota Avanza 62.010 unit
2. Toyota Innova 40.169 unit
3. Daihatsu Xenia 28.914 unit
4. Honda CR-V 15.750 unit
5. Daihatsu Terios 15.650 unit
6. Toyota Rush 14.126 unit
7. Honda Jazz 14.057 unit
8. Nissan Livina 13.806 unit
9. Suzuki APV 12.434 unit
10. Isuzu Panther Touring 12.222 unit
Sumber
Sunday, December 30, 2007
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment