Tuesday, July 14, 2009

Membersihkan Dasbor Mobil

Sama seperti bodi, dasbor mobil juga perlu tampil bersih. Hanya, mungkin pengerjaannya tidak serutin eksterior. Bila kurang mendapat perhatian, bisa timbul retak-retak, yang tentu tak sedap dipandang mata.

Bagian itu bisa rusak lantaran diserang dua suhu udara sekaligus, panas oleh terik matahari, dan dingin (AC). Agar dasbor awet dan enak dilihat, tak ada salahnya, bila punya waktu senggang, dibersihkan.

Hal itu tidak rumit karena luas bidangnya kurang dari seperempat luas bodi mobil. Kemudian, sudah dijual cairan khusus buat mengilapkannya. Namun, ada cairan yang tidak boleh dipoleskan ke dasbor.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini
  1. Bersihkan dasbor menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu-debu. Ingat, kalau bisa ujung vacuum yang ada bulu-bulu (sebagai pembatas) agar permukaan dasbor tidak tergores.
  2. Bersihkan sela-sela dasbor, seperti antara kisi-kisi AC, tape, dan yang lainnya, bisa dengan kuas atau sikat halus. Hindari menggunakan sikat gigi, bisa membuat baret.
  3. Gunakan cairan pembersih khusus dasbor yang berbahan dasar air atau mengandung UV protection agar dasbor semakin tahan terhadap sengatan terik matahari.
  4. Semprotkan cairan buat mengilapkan pada permukaan dasbor. Lantas, seka dengan lap microfiber.
sumber

No comments: