Wednesday, May 26, 2010

Aplikasi Web vs Aplikasi Desktop


Selalu menjadi perdebatan tentang kemungkinan digantinkannya aplikasi desktop oleh aplikasi web.Beberapa fitur memang sangat cocok untuk aplikasi web, hanya saja faktor keamanan dan perjalanan panjang menjadikan aplikasi dekstop sulit untuk tergantikan. Perdebatan selalu berkisar masalah bisnisdan pemesaran atau masalah teknologinya

Antara Aplikasi Web Dan Aplikasi Desktop.
Aplikasi web merupakan sebuah aplikasi yang disampaikan dan kemudian digunakan oleh user melalui jaringanbaik intranet maupun internet. Aplikasi web semakin populer karena dari sisi client cukup menggunakanbrowser sebagai ‘client user interface’.

Aplikasi desktop merupakan aplikasi yang tersedia pada komputer client dan dikontrol penggunaanya oleh user. Aplikasi desktop dijalankan pada drive lokal drive dan tidak memerlukan jaringan atau untuk berfungsi dengan baik, meskipun jika memerlukan koneksi jaringan aplikasi ini juga berfungsi dengan baik.

Pro dan kontra

Mudah diakses
Aplikasi web dapat dengan mudah diakses dari komputer dimana saja asal mempunyai akses intranet maupun internet. Bagi anda yang mobile kemudahan akses ini sangat menguntungkan. Asal punya akses ke komputer, ponsel maupun handheld yag memiliki koneksi internet/intranet maka aplikasi web dapat dimanfaatkan.

Biaya Pemeliharaan Rendah dan Mudah di Upgrade
Aplikasi desktop mengharuskan proses instalasi dan upgrade pada setiap komputer,sedangkan aplikasi web hanya perlu upgrade dan instalasi di satu tempat yaitu server. Perawatan akan lebih mudah/tidak ada sama sekali jika hosting dilakukan diluar / pihak pihak ketiga / hosting sehingga perawatan menjadi tanggung jawab web hosternya.

Meningkatnya Resiko Keamanan
Selalu ada resiko pada sisi keamanan jika menyangkut proses online, bermain game onlien tentunya tidak beresiko ( meski ada ) dibandingkan dengan bertransaksi online, misalnya e-banking, e-commerce dll.

Konektivitas
Aplikasi web sangat bergantung pada konektivitas. Aplikasi kritis dan bisnis yang sangat bergantung pada waktu tidak bisa menerima gangguan yang mungkin muncul pada koneksi misalnya ‘denial of service’ atau gangguan listrik.

Lambat
Aplikasi web yang bergantung pada jaringan internet mungkin saja beoperasi lebih lambat jika dibandingkan dengan aplikasi desktop yang berjalan pada harddisk lokal. Kecepatan mungkin bervariasi tergantung berapa user yang mengakses aplikasi.

Backup dan Ownership
Kita pun harus yakin bahwa jika hosting dipihak ketiga maka pihak ketiga akan mem-backup data dengan baik. Dan harus dinyatakan dengan jelas dalam MoU tentang siapa pemilik data dan harus ada pencegahan dari kemungkinan penggunaan data oleh web hoster.


Menurut saya, aplikasi desktop yang menghandle fungsi aplikasi web tersebut menjadi marak karena faktor mudah dan praktis saja. Lebih mudah upload foto ke flickr menggunakan flickr uploader dari pada masuk flickr, lalu login, dan berbagai langkah lain yang sangat boros tersebut kan? Mana yang lebih mudah dan praktis, lebih digunakan user. Jika lebih mudah dan praktis menggunakan aplikasi desktop dari pada aplikasi web, melakukan sedikit langkah instalasi tidak masalah lah

Power Builder .Net

Penggunaan Power Builde Versi 11.0 kita mempunyai pilihan aplikasi/target aplikasi yang akan digunakan oleh user, yaitu Web Form, Windows Form atau Windows Form With Smart Client Feature.

.Net Web Form :

  • Keuntungan: Tidak memerlukan instalasi pada sisi klien, Mudah diupgrade,Jangkauan lebih luas
  • Kerugian:Harus online, Respons lebih lambat

Windows Form / Client Server:

  • Keuntungan: User sudah berpengalaman,Respons cepat, Tersedia resource client misalnya untuk animasi 3D, Kemampuan berjalan offline, Cocok untuk intensive data entri
  • Kerugian: Memerlukan instalasi di klien, Sulit dalam upgrade

.Net Windows Form With Smart Client Feature

  • Keuntungan sama dengan Windows Form hanya lebih mudah untuk proses upgrade dan intalasi
  • Kerugiannya adalah perlunya instalasi untuk pertama kali.

dari berbagai sumber:
1 & 2

No comments: