Friday, February 12, 2010

Perbedaan Eau de Parfum, Eau de Toilette, Eau de Cologne dan After Shave

Buat kamu para cowok metrosexual atau cewek2 yang socialite. kalian musti ngerti nih yang satu ini, atau malah dah pada ngerti? ya udah, ngasih tau yang belum aja deh.
kalo kamu beli pengharum badan (kalo istilah keren kita tuh parfum) pasti agak bingung kalo perhatiin bener2 beberapa istilah yang dipakai dalam dunia per-fragrance-an atau dunia wangi-wangian ini. Istilah yang dipake tuh ada banyak, contohnya kayak
- SOIE de Perfume
- Eau de Parfum
- Eau de Toilette
- Eau de Cologne
- After Shave
- Eau Fraiche
Apa artinya dan buat apa sebenarnya istilah2 itu dipakai?
Sebenarnya banyaknya istilah itu dipakai berawal dari para pembuat/industri wewangian/perfume yang menciptakan beberapa standar campuran untuk produknya.
Pure Perfume sendiri sebenarnya adalah sebuah extract wewangian dengan konsentrasi antara 15%-30% berupa minyak fragrance (campuran lainnya bisa berupa air atau alkohol) dan dapat bertahan lebih dari 6 jam jika dipakai. beberapa merek menawarkan produknya dengan jenis ini, tapi biasanya sangat langka dan mahal.
SOIE de Perfume adalah jenis yang tidak biasa beredar di pasaran komersial sama seperti pure perfume, dengan konsentrasi 15%-18% minyak perfume, dapat bertahan kurang lebih 3-6 jam jika digunakan
Eau de Perfume adalah jenis yang sedikit umum di pasaran dengan konsentrasi minyak antara 8%-15% dan bertahan kurang lebih 3-5 jam jika dipakai, harganya sedikit lebih mahal dari pada concentrated fragrance, tergantung dari merk dan jenisnya
Eau de Toilette adalah jenis yang sangat umum di pasaran industri wewangian, konsentrasi minyak perfume yang dikandung kurang lebih antara 4%-10% dan bertahan antara 3-4 jam jika digunakan. Jenis ini biasanya jenis terkuat yang disediakan untuk parfume pria.
Eau de Cologne adalah jenis dengan konsentrasi minyak 2%-5% dan dapat bertahan sampai dengan 3 jam. jenis ini dulu sempat sangat populer tapi saat ini sudah tidak sebanyak dulu, umumnya untuk jenis perfume wanita, masih sedikit umum dijumpai untuk perfume pria.
After Shave (A/S) adalah jenis dengan campuran dengan konsentrasi minyak 3% atau kurang, dan dapat bertahan kurang lebih 2-3 jam dan cukup umum dijumpai pada berbagai merk perfume. Biasanya pada after shave mengandung balm atau aloe (lidah buaya) yang digunakan untuk menenangkan pori-pori setelah bercukur bagi para pria, dan kandungan alkoholnya juga berfungsi untuk menutup kembali pori-pori.
Eau Fraiche adalah jenis yang tidak umum untuk industri besar dengan campuran kurang dari 3% dan bertahan hanya sekitar 1 jam saja. Biasa pula disebut dengan nama Perfume Mist atau Splash.
Kata “Eau de” yang digunakan untuk beberapa istilah diatas dalam bahasa inggris berarti “water of”. Selain itu juga sering dijumpai tulisan “pour homme” (bahasa perancis) yang artinya adalah untuk pria atau dalam bahasa inggris berarti “for men” sedangkan lawannya adalah “pour femme” atau untuk wanita.

1 comment:

Gema Parfum said...

Terima kasih infonya gan.
Ditunggu postingan-postingan berikutnya.

Gema Parfum
Perbedaan eau de perfume dan eau de toilette.

----------