Tuesday, July 23, 2019

Permohonan Maaf dan Turut Bergembira atas Perbuatan Bajik

Permohonan Maaf dan Turut Bergembira atas Perbuatan Bajik

Umat : Okāsa vandāmi Bhante (namaskara 1x)
Bhante : Sukhi hotu. Nibbānassa paccayo hotu
Umat : Mayā kataṁ puññaṁ sāminā anumoditabbaṁ
Bhante : Sādhu! Sādhu! Anumodāmi
Umat : Sāminā kataṁ puññaṁ mayhaṁ dātabbaṁ
Bhante : Sādhu! Anumoditabbaṁ
Umat : Sādhu! Sādhu! Anumodāmi. Okāsa dvārattayena kataṁ sabbaṁ accayaṁ khamatha me Bhante
Bhante : Khamāmi, khamitabbaṁ
Umat : Sādhu! Okāsa khamāmi Bhante (namaskara 3x)
Bhante : Sukhi hotu! Nibbānassa paccayo hotu

Artinya:
Avuso: Okāsa vandāmi bhante.
Bhante perkenankanlah, saya memberi penghormatan. (Bersujud sekali)

Bhante: Sukhi hotu! Nibbāna-paccayo hotu.
Semoga berbahagia! Semoga ini mengkondisikan (kalian) mencapai nibbana.

Ᾱvuso: Mayā kataṃ puññaṃ sāminā anumoditabbaṃ.
Semoga bhante turut bergembira atas jasa kebajikan yang telah saya lakukan. 

Bhante: Sādhu! Sādhu! Anumodāmi.
Baik! Baik! Saya turut bergembira. 

Ᾱvuso:  Sāminā kataṃ puññaṃ mayhaṃ dātabbaṃ.
Semoga bhante mau berbagi jasa kebajikan yang telah bhante lakukan kepada kami. 

Bhante: Sādhu! Anumoditabbaṃ.
Baik! Bergembiralah. 

Ᾱvuso:  Sādhu! Sādhu! Anumodāmi.  Okāsa dvārattayena kataṃ sabbaṃ accayaṃ khamatha me Bhante.
Baik!Baik!Kami turut bergembira. Semoga bhante dapat memaafkan semua kesalahan yang telah saya perbuat melalui ketiga pintu (tubuh, ucapan, dan pikiran). 

Bhante: Khamāmi, khamitabbaṃ!
Ya saya maafkan, dan maafkan saya juga.

Ᾱvuso:  Sādhu! Okāsa khamāmi bhante!             
Baik! Saya maafkan bhante.                      (Bersujud tiga kali) 

Bhante: Sukhi hotu! Nibbāna-paccayo hotu.
Semoga berbahagia! Semoga ini mengkondisikan (kalian) mencapai nibbana.


No comments: